Sabtu, 19 Desember 2009

AIR TERJUN CIBEREM TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO

Air Terjun Ciberem berada di ketinggian 1.675 mdpl terletak di dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango lewat pintu masuk Cibodas.
Air terjun Ciberem ini terdiri dari tiga buah yakni; curug Cidendeng, curug Cikundul, dan curug Cibeurem. Tiga buah sungai menyatu ke bawah membentuk sungai Cikundul.

Arena terbuka di lokasi ini terbentuk oleh beberapa jejak pertemuan lahar. Di sebelah kanan adalah batu-batuan vulkanik dari gn. Pangrango dan di sebelah kiri adalah aliran lahar yang paling akhir dari letusan gunung Gede.

Banyak batu papak lebar dari lava yang tergeletak di sekitar runtuhan tahun 1985, yaitu ketika longsoran batu merusak seluruh pepohonan di dasar air terjun Cidendeng.

Untuk menuju ke air terjun Cibeurem ini dari tempat parkir Kebun Raya Cibodas berjalan ke arah pintu masuk padang Golf, mengikuti jalur pendakian gunung Gede-Pangrango. Setelah berjalan sekitar 150 meter berbelok ke kiri masuk ke gapura Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Berjalan menaiki tangga yang terjal sekitar 10 menit akan sampai di Pos pemeriksaan pendakian Cibodas yang banyak dihuni oleh monyet-monyet.

Setelah membayar tiket masuk ke air terjun wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan melintasi jalan berbatu memasuki kawasan hutan tropis yang sagat asri.

Setelah berjalan sejauh 1,5 km melintasi kawasan hutan yang sangat asri, terdapat sebuah rawa yang disebut Telaga Biru. Telaga Biru warna airnya bisa berubah-ubah disebabkan oleh tanaman ganggang yang tumbuh didasar danau. Dengan melintasi jembatan kayu sepanjang jalur selanjutnya akan sampai di Rawa Gayang Agung. Jalur jembatan kayu ini sudah mulai rusak, banyak kayu-kayu yang lepas sehingga wisatawan bila kurang berhati-hati bisa terperosok jatuh.

Setelah berjalan di atas jembatan kayu sepanjang kurang lebih 1 km kembali menapaki jalan berbatu hingga sampai di Panyancangan Kuda. Di lokasi ini terdapat persimpangan jalur (pertigaan). ke kanan ke arah air terjun Ciberem, sedangkan arah ke puncak gunung ambil jalur lurus. Berjalan sekitar 30 menit dengan lintasan berbatu yang sedikit menurun, dan di beberapa tempat digenangi air sehingga sepatu bisa basah, maka kita akan sampai di Air Terjun Ciberem yang berada di ketinggian 1.675 mdpl).